Penulis / NIM
PEBRIONO HANGGULE / 151407073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Pebriono Hanggule. NIM. 151407073. 2012. Pengaruh Aktivitas Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra Haja Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II, Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah “Bagaimana pengaruh aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa di kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai?”. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupten banggai.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel yang diteliti aktivitas belajar di rumah (variabel X) dan prestasi belajar matematika (variable Y). Sampel diambil secara sitematis sebanyak 20 siswa dari populasi siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai sebanyak 59. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dekumentasi dan Wawancara terstruktur. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa dengan model regresi linier sederhana dan korelasi.
Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan aktivitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai karena dari hasil pengujian hipotesis statistik di peroleh r_xy = 0,815 dengan tingkat keberartian persamaan korelasi berdasarkan uji keberartian korelasi diperoleh thitung = 5,962 ? ttebel = 2,10 yang artinya hipotesis statistik “Ha” diterima. Jika di presentasikan nilai koefisien korelasi sebesar 0,815 kedalam koefisien determinan (R) yaitu akan diperoleh 66,42%, artinya sebesar 66,42% prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh aktivitas belajar di rumah dan sisanya sebesara 33,58% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti atau tidak termasuk dalam cakupan penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas tinggi SD Inpres Bualemo 2 Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai.
Kata Kunci: Aktivitas belajar di rumah, prestasi belajar Matematika.
Download berkas