Penulis / NIM
YAHYA YANI NDJOLO / 151407102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Yahya Yani Ndjolo. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Pendekatan Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Penelitian Tindakan Kelas sebagai syarat Mengikuti Ujian Sarjana Pendidikan Di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo, dengan rumusan masalah “ Apakah keterampilan menulis puisi bebas dengan teknik pendekatan lingkungan alam pada siswa kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat ? ” dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi bebas melalui teknik pendekatan lingkungan alam pada siswa kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukan pada siklus I dilihat dari keseluruhan aspek yang diperoleh 15 orang siswa dengan kategori mampu atau 59% sehingga indicator kinerja yakni minimal 80% siswa yang memperoleh kategori mampu belum tercapai. Dengan demikian hasil dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II siswa dengan kategori mampu meningkat menjadi 20 orang siswa atau 80%. Hal ini sudah mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan maka pembelajaran dianggap tuntas.
Disimpulkan bahwa pengunaan teknik pendekatan lingkungan alam dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata kunci: menulis puisi bebas, teknik pendekatan lingkungan alam.
Download berkas