SKRIPSI

Penulis / NIM
YUSRA B. POPALO / 151407112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Yusra popalo, 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Proses Pembelajaran Ipa Untuk Memotivasi Siswa Kelas V Di Sdn 02 Dungaliyo Kecamatan Dungaliyo Kabupate Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, M.Si dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Rumusan Masalah dalam penelitian adalah terkait temua hasil observasi sehigga yang akan diteliti adalah "Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa kelas V dalam mata pelajaran IPA melalui metode demonstrasi" tujuan penelitia adalah a) untuk menigkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi b) untuk meingkatkan kreativitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode demonstrasi sudah diterapkan dengan baik karena langkah-langkahnya terlaksana denga baik. Dengan metode demonstrasi ini siswa mampu berinteraksi dengan guru, sehingga siswa terlihat aktif, meskipun sebagian siswa yang terliat aktif tetapi metode demonstrasi sudah berhasil dilaksanakan. Temuan lain dalam penelitian ini bahwa metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA sering oleh guru, mengapa sering bukan selalu karena tidak semua pembelajran IPA menggunakan metode demonstrasi. Guru juga mengerti dengan bagaimana mengajar dengan menggunakan metode demonstrasi. Selain itu pembelajran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat menjalin hubungan denga baik, antara guru dengan siswa, menumbuhka rasa ingin tahu dan dapat menigkatkan hasil belajar siswa dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengetahui pelajaran dengan melalui demonstrasi. Dapat disimpulkan bahwa metode dmonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan guru di dalam kelas, kususnnya dalam pembelajaran IPA. Kreatifitas guru dapat memudahkan dan memotivasi siswa dalam melakukan demonstrasi secara aktif sesuai skenario yang telah disiapkan oleh guru Kata Kunci: Demonstrasi, Motivasi, Kreatifitas, Hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011