Penulis / NIM
VATRA AGUSTIAN NINGSIH DJABIR / 151407133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Vatra Agustian Ningsih Djabir, 2012. “Analisis Deskriptif Hasil Karangan Siswa Kelas IV SDN No. 14 Kota Barat Kota Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing
I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dekripsi hasil karangan siswa kelas IV
SDN No. 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi hasil karangan siswa kelas IV SDN No. 14 Kota
Barat Kota Gorontalo?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis deskrptif. Pengambilan data
diambil dengan menggunakan pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa dalam
proses pembelajaran menulis karangan, serta melakukan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV. Kemudian hasil data dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa pada pembelajaran pertama, kualitas proses pembelajaran dan kemampuan siswa kelas IV SDN No. 14 Kota Barat Kota
Gorontalo dalam menulis karangan, meningkat dibandingkan dengan hasil survei
awal, walaupun belum menunjukkan hasil yang maksimal. Pada pembelajaran kedua terjadi peningkatan dari hasil pembelajaran pertama, yakni sebesar 79,26%. Sesuai standar ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode yang tepat oleh guru dalam pembelajaran menulis karangan pada siswa kelas IV SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo, dapat menarik minat dan meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat karangan.
Kata kunci : Analisis Deskriptif, Karangan
Download berkas