Penulis / NIM
ABDUL MOHAMAD / 151408004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Abdul Mohamad. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Teknik Bermain Kata di Kelas V SDN No.29 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Teknik Bermain Kata dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penggunaan teknik bermain kata pada siswa kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode ini dimaksudkan untuk menggambarkan kejadian yang ada dilapangan dan hasil dari pengumpulan data-data dianalisis dengan menggunakan kata-kata.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siklus I tingkat kemampuan siswa belum mencapai indikator yang di harapkan yaitu 75 %. Pada siklus II semua siswa sudah masuk dalam kategori tuntas belajar atau dengan kata lain 85% telah berhasil sesuai indikator kinerja yang ditetapkan sebelumnya oleh peneliti. Oleh karena itu dengan melalui model pembelajaran teknik bermain kata dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 29 Kota selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Teknik Bermain Kata, Puisi
Download berkas