SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUSTINA S ISA / 151408010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Agustina S. Isa. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Spektrum Cahaya di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd., M.Pd dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan ketrampilan siswa membuat spektrum cahaya pada siswa kelas V SDN 28 Kota Gorontalo. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan siswa kelas V membuat spektrum cahaya melalui model pembelajaran STAD, Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah 20 siswa,yang terdiri dari laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif analisis. Sedangkan teknik dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dan observasi untuk memperoleh data dalam rangka mendukung pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, dari jumlah siswa 20 orang , siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan KKM 65 sebanyak 10 orang (50 %) sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 18 siswa (90 %) dengan daya serap 74,75%, sementara siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan atau dibawah nilai KKM pada siklus 1 berjumlah 10 orang (50%) sedangkan pada siklus dua turun menjadi 2 orang (10%). Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan pada indikator keberhasilan yakni 85% dari jumlah siswa sebanyak 20 orang dengan kriteria ketuntasan nilai 65 keatas. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ketrampilan membuat spektrum cahaya dalam pelajaran IPA di kelas V SDN 26 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Keterampilan Siswa Membuat Spektrum Cahaya.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011