SKRIPSI

Penulis / NIM
AGUSTRIANI Z. LAMATO / 151408011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Agustriani Z. Lamato. 2012. Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV MIM Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof.Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Si Pembimbing II : Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta di kelas IV MIM Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bumi dan alam semesta melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV MIM Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan pembelajaran kooperative tipe STAD. Pada observasi awal hanya sebesar hanya sebanyak 8 siswa (32.00%) dari 21 siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, pada siklus I hal ini mengalami peningkatan 15 siswa (71.43%). Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (90,47%) dari 21 siswa yang ada di MIM Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo yang memiliki hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, kooperatif tipe STAD ABSTRACT Agustriani Z. Lamato. 2012. Improve student learning results in the material Earth and the Universe through the model of type STAD cooperative learning in class IV MIM Molowahu District Tibawa Gorontalo regency. Skripsi. S1 Primary School Teacher Education Faculty of Education, State University of Gorontalo. Advisor I: Prof.Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd Advisor II: Drs. Djotin Mokoginta, M Pd The problems examined in this study is "What is the use of models of type STAD cooperative learning can improve student learning outcomes in the material world and the universe in class IV MIM Molowahu District Tibawa Gorontalo regency". While the purpose of this study was to improve student learning outcomes in the material world and the universe through a model of type STAD cooperative learning in class IV MIM Molowahu District Tibawa Gorontalo regency. The method used in this research is descriptive method. With observational data collection techniques and documentation. Data analysis technique used is the analysis of the percentage. The experiment was conducted in two cycles, each cycle consisting of the initial stage, the stage of implementation actions, monitoring and evaluation stage. The results showed that the results of student learning can be enhanced through the use of learning type STAD kooperative. At the initial observation of only just as much as 8 students (32.00%) of the 21 students who have high motivation in learning, in this cycle I have increased 15 students (71.43%). In the second cycle this number increased to 19 students (90.47%) of 21 students in the District of MIM Molowahu Tibawa Gorontalo district who has studied the results are as expected Based on these results we can conclude that the learning outcomes of students in the matter of Earth and the Universe can be enhanced through cooperative learning model of type STAD. Keywords: Student Learning, type STAD cooperative
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011