Penulis / NIM
AISARI IDRAK RAUF / 151408012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
i
ABSTRAK
Aisari Idrak Rauf. Menikatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Model Pembelajaran Tipe Jigsaw. Di kelas V SDN 2 Ulapato Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan S1 PGSD Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI M.Pd. Pembimbing II Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw hasil belajar siswa pada materi Pesawat Sederhana dapat Meningkat ?
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Ulapato kecamatan Telaga Biru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Pesawat sederhana melalui model pembelajaran Tipe Jigsaw di kelas V SDN 2 Ulapato Kecamatan Telaga Biru
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hasil belajar siswa belum mencapai indikator. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari Hasil Belajar siswa yaitu dari 64,54 % meningkat menjadi 85 % sedangkan daya serap dari 64,54% meningkat menjadi 86,15% atau indikator kinerja berhasil.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Tipe Jigsaw pada materi Pesawat Sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pesawat Sederhana, hasil belajar, model Pembelajaran Tipe Jigsaw.
ii
ABSTRACT
Aisari Idrak Rauf. NIM. 151408012. 2012. Increasing Students Learned Result On Through Simple Plane Material Kooperatif’s Learning Model Jigsaw Type. a research at Class V. SDN 2 Ulapato Telaga Biru district Gorontalo’s Regency. Paper. Program the PGSD, Education majors Learns Elementary School, Education Knowledge faculty, Gorontalo State University 2012. Counsellor I : Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI M.Pd. Counsellor II Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
About problem of observational it is What via Kooperatif’s Learning Model Jigsaw Type usufructs to study student in Simple Plan Will increase ?.
Action research class this was performed at SDN 2 Ulapato Telaga Biru’s district. This research intent to increase student studying result Simple Plane by model kooperatif’s learning Jigsaw’S type at claas V. SDN 2 Ulapato Telaga Biru’s district.
On cycle first action performing by applying working group method usufructs to study student has reached indicator. So performed by cycle II. as reflection of I. cycle On cycle II. increasing happening of Yielding Learned student which is of 64,54 % worked up as 64,54 % meanwhile absorbing powers of 68.98% worked up as 86,15% or successful performance indicators.
Thus can be concluded that by use of working group method about Simple Plane can increase student studying result.
Keyword : Simple Plane, Learned Result, Kooperatif Model Jigsaw Type.
Download berkas