Penulis / NIM
ALVIYANTI HASAN / 151408015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Alvianti Hasan. Nim 151408015. 2015. "Penerapan Menulis Pantun Jenaka Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Salma Halidu. S.Pd. M.Pd dan Pembimbing 2. Hj. Sumarni Mohamad S.Pd M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana penerapan menulis pantun jenaka pada siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo". Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan menulis pantun jenaka. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 4 Telaga yang berjumlah 39 orang.
Hasil penelitian tentang menerapkan penulisan pantun jenaka pada materi pantun, rata-rata persentase dari ketiga teknik pengumpulan data yaitu hasil angket memperoleh 92%, wawancara 85% dan observasi 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam penerapan menulis pantun jenaka memperoleh 85% dengan klasifikasi baik. Hal ini disebabkan karena taraf yang diperoleh berada pada rentangan (76-100%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo telah mencapai hasil yang diinginkan dalam pembelajaran tentang pantun.
Kata Kunci: Penerapan, Menulis, Pantun Jenaka
Download berkas