SKRIPSI

Penulis / NIM
AMELYA SYAKINAH DAUD / 151408016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Amelya Syakinah Daud. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Daur Air Melalui Penggunaan Media Audio Visual Kelas V SDN 3 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Unuversitas Negeri Gorontalo. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Penggunaan media Audio Visual merupakan alternatif pemecahan masalah yang digunakan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi daur air Kelas V SD. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah rata-rata disebabkan oleh kurangnya pemahaman mereka pada materi yang diajarkan. Hal tersebut yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian tindakan kelas ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan pada penelitian tindakan siklus I, diperoleh hasil sebanyak 41,67% siswa yang dinyatakan berhasil atau sebanyak 10 siswa sedangkan sisanya 14 siswa masih memperoleh nilai di bawah standar. Daya serap yang diperoleh setelah pembelajaran siklus I adalah 49,95%. Selanjutnya pada penelitian siklus II terjadi peningkatan, yaitu sebanyak 17 siswa atau sebesar 70,83% dengan daya serap sebesar 70,87%. Oleh sebab itu, penelitian yang dilaksanakan dapat dinyatakan berhasil sesuai indikator yang ditetapkan yaitu sebesar 65% dari jumlah siswa memperoleh nilai 65 sampai 100 dan memperoleh daya serap 70%. Disimpulkan bahwa pemahaman siswa kelas V SDN 3 Suwawa Selatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual, meningkat. Kata Kunci : Pemahaman, Daur air, Media, Audio visual ABSTRACT Amelya Sakinah Daud. 2012. “Increase Student Understanding At Water Cycle of years Materr Pass Exertion Media Audio Visual Class V SDN Suwawa South 3 Bone Bolango Regency”. Skripsi. Teacher Breeding major Faculty Base, School Universitas Breeding scaince Clime Gorontalo. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd for University teacher guide I, and Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd for University teacher guide II. Exertion media Audio Visual breakage alternatif the same kind matter that used bottom writer increase student understanding at water Cycle of years Materr Class V SD. Extent student that get rate at nether even-even cause by understanding his lack their at materr that instruction. That affair is back ground writer do research deed this class. Metode that used research bottom is this metode research Deed Class (PTK) that bottom to work in two cycle viz siklus I and cycle II. Come of research to indicate at research deed cycle I, earned come of many 41,67% student that is certain bring or many also student 10 his balance 14 siswa yet get rate at nether standar. To absorb capacity that earned cycle pembelajaran after I is 49,95%. Forth at research cycle II become of to mount viz many 17 student or many 70,83% by to absorb capacity the biggest 70,87%. By inasmuch as it, research that is certain able that bottom to work bring compatible indicator that fixed viz many 65% from student amount get rate 65 come to 100 and get to absorb capacity 70%. To include that class student V understanding V SDN Suwawa south 3 deed that bottom to work after learning by use media Audio Visual, to mount. key word : Understanding, Water Cycle of years, Media, Audio Visual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011