Penulis / NIM
APRIYANTI / 151408020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Apriyanti. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Metode Eksperimen di Kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Prof. Dr. H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs.Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd . Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN 83 Kota Tengah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi energi panas setelah di terapkan metode demonstasi pada siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah
Hasil penelitian ini di adakan di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo Khusus Kelas IV, yang berjumlah 29 orang yang terdiri 19 orang laki-laki dan 10 orang perempuan yang masing-masing memiliki prilaku yang berbeda-beda dalam proses belajar mengajar khususnya kelas IV.
Dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa hanya 13 dari 29 orang atau (44.8 %) dari seluruh siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo yang termasuk siswa yang memperoleh nilai baik (B). Setelah guru melakukan upaya-upaya meningkat menjadi 24 dari 29 orang atau (82.7%) siswa yang termasuk siswa yang memperoleh nilai baik (B). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo, telah meningkat melalui metode eksperimen.
Kata Kunci: Pemahaman, Metode Eksperimen
Download berkas