SKRIPSI

Penulis / NIM
ARINI KALINTANG / 151408022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ARINI KALINTANG. 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Materi Daur Air Melalui Metode Quantum Teaching pada Siswa Kelas V D SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II: Drs. Djotin mokoginta, S.Pd, M.Pd Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar dalam materi daur air pada siswa kelas V D SDN No. 30 kota selatan kota Gorontalo. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam materi daur air pada siswa kelas V SDN No 30 kota Selatan Kota Gorontalo pada materi daur air meningkatkan. Dan hipotesis pada penelitian ini adalah jika diterapkan metode pembelajaran Quantum Teaching maka motivasi belajar V SDN 30 kota selatan kota gorontalo pada materi daur meningkat. Pada sikllus 1 terdapat 9 siswa (40,91%) yang memiliki motivasi yang baik, 5 siswa (22,73%) memiliki kriteria kurang baik, 5 siswa (22,73%) memiliki kriteria cukup baik, serta masih ada 3 siswa (12,64%) yang memiliki kriteria tidak baik. Hal ini berarti proses pembelajaran belum dapat dikategorikan berhasil, karena presentasi siswa yang motivasinya termasuk dalam kriteria baik hanya sebesar 40,91%. Hal ini berarti proses pembelajaran belum mencapai ketuntasan apabila siswa yang motivasinya dapat dikategorikan baik dalam pembelajaran IPA materi daur air berjumlah 17 atau berkisar atau berkisar 17% dari jumlah siswa. Pada siklus II diketahui bahwa telah ada 5 siswa (22,73%) siswa yang memiliki kriteria sangat baik, 13 siswa ( 59,09%) yang memiliki kriteria baik dan hanya ada 4 siswa (18,18%) dengan kriteria yang kurang baik. Berarti untuk siswa yang memiliki kriteria baik dan sangat baik berjumlah 18 orang (81,82%) dari jumlah siswa. Ini menggambarkan bahwa indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai, karena sesuai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 75% siswa yang memiliki motivasi kriteria baik. Dari hasil tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika diterapkan metode pembelajaran Quantum Teaching maka motivasi belajar siswa kelas V SDN kota selatan pada materi daur air dapat meningkat, dapat diterima. Kata kunci: Quantum Teaching, Motivasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011