Penulis / NIM
ARINI KALINTANG / 151408022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ARINI KALINTANG. 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Materi Daur Air Melalui Metode Quantum Teaching pada Siswa Kelas V D SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II: Drs. Djotin mokoginta, S.Pd, M.Pd
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar dalam materi daur air pada siswa kelas V D SDN No. 30 kota selatan kota Gorontalo. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dalam materi daur air pada siswa kelas V SDN No 30 kota Selatan Kota Gorontalo pada materi daur air meningkatkan. Dan hipotesis pada penelitian ini adalah jika diterapkan metode pembelajaran Quantum Teaching maka motivasi belajar V SDN 30 kota selatan kota gorontalo pada materi daur meningkat.
Pada sikllus 1 terdapat 9 siswa (40,91%) yang memiliki motivasi yang baik, 5 siswa (22,73%) memiliki kriteria kurang baik, 5 siswa (22,73%) memiliki kriteria cukup baik, serta masih ada 3 siswa (12,64%) yang memiliki kriteria tidak baik. Hal ini berarti proses pembelajaran belum dapat dikategorikan berhasil, karena presentasi siswa yang motivasinya termasuk dalam kriteria baik hanya sebesar 40,91%. Hal ini berarti proses pembelajaran belum mencapai ketuntasan apabila siswa yang motivasinya dapat dikategorikan baik dalam pembelajaran IPA materi daur air berjumlah 17 atau berkisar atau berkisar 17% dari jumlah siswa.
Pada siklus II diketahui bahwa telah ada 5 siswa (22,73%) siswa yang memiliki kriteria sangat baik, 13 siswa ( 59,09%) yang memiliki kriteria baik dan hanya ada 4 siswa (18,18%) dengan kriteria yang kurang baik. Berarti untuk siswa yang memiliki kriteria baik dan sangat baik berjumlah 18 orang (81,82%) dari jumlah siswa. Ini menggambarkan bahwa indikator keberhasilan penelitian ini telah tercapai, karena sesuai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 75% siswa yang memiliki motivasi kriteria baik.
Dari hasil tersebut maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika diterapkan metode pembelajaran Quantum Teaching maka motivasi belajar siswa kelas V SDN kota selatan pada materi daur air dapat meningkat, dapat diterima.
Kata kunci: Quantum Teaching, Motivasi.
Download berkas