SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIYANTO RAHMAN / 151408024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
vi ABSTRAK ARIYANTO RAHMAN, 2012. ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mengenal Aktivitas Ekonomi Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together Di Kelas IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini apakah dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi mengenal aktivitas ekonomi di Kelas IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data hasil penelitian ini di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah tercapai peningkatan hasil belajar siswa dalam mengenal aktivitas ekonomi sebesar 88% dengan indikator variabel dapat mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat, dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat, dapat menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatanekonomi dan dapat membuat daftar tentang kegiatan pemanfaatan sumber daya alam setempat untuk kegiatan ekonomi. Dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 74,07%, dan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai 88,89%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni apabila minimal 81,48%atau 22 orang dari 27 siswa hasil belajarnya sudah baik dalam mengenal aktivitas ekonomi pada pembelajaran IPS. Di samping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni jika digunakan model pembelajaran Numbered Heads Together maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dalam mengenal aktivitas ekonomi pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan, diterima. Kata Kunci: Hasil belajar Siswa, Model Pembelajaran Numbered Heads Together vii ABSTRACT ARIYANTO RAHMAN, 2012. "Improving Student Results In The Know Economic Activity Model Using Numbered Heads Together In Class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru". Primary School Teacher Education Department, Gorontalo State University. Problems to be studied in this research is how to improve student learning of class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru in recognizing the economic activity in the IPS learning through learning models Numbered Heads Together. The subject of this study of class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo amounting to 27 students consisted of 13 men and 14 women. These results indicate that it has achieved improved student learning outcomes in identifying economic activity by 88% with an indicator variable to identify the forms of economic activity in the local environment, can explain the forms of economic activity in the local environment. Can explain the use of natural resources for economic activities and can make a list of the activities of the utilization of local natural resources for economic activities. From the application of learning models Numbered Heads Together on a cycle I gained an increase in student learning outcomes by 74.07%, and the cycle II of increasing student learning outcomes achieved 88.89%. Thus the set performance indicators namely when at least 81.48% or 22 people from 27 student learning outcomes has been well known in economic activity in the IPS study. In addition, actions that have formulated the hypothesis that if the used model of learning Numbered Heads Together the students of Class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo in identifying the economic activity in the IPS learning can be improved, accepted. Keywords: Student learning results, Numbered Heads Together Learning Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011