Penulis / NIM
ARIYANTO RAHMAN / 151408024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
vi
ABSTRAK
ARIYANTO RAHMAN, 2012. ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam
Mengenal Aktivitas Ekonomi Dengan Menggunakan Model Numbered
Heads Together Di Kelas IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru”. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini apakah dengan model
pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa
khususnya materi mengenal aktivitas ekonomi di Kelas IV SDN 1 Tinelo
Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 27 orang siswa
terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data hasil penelitian ini di
analisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah tercapai peningkatan hasil
belajar siswa dalam mengenal aktivitas ekonomi sebesar 88% dengan indikator
variabel dapat mengidentifikasi bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat,
dapat menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat, dapat
menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatanekonomi dan dapat
membuat daftar tentang kegiatan pemanfaatan sumber daya alam setempat untuk
kegiatan ekonomi. Dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads
Together pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 74,07%,
dan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai 88,89%.
Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni apabila
minimal 81,48%atau 22 orang dari 27 siswa hasil belajarnya sudah baik dalam
mengenal aktivitas ekonomi pada pembelajaran IPS. Di samping itu hipotesis
tindakan yang telah dirumuskan yakni jika digunakan model pembelajaran
Numbered Heads Together maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Tinelo
Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dalam mengenal aktivitas ekonomi
pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan, diterima.
Kata Kunci: Hasil belajar Siswa, Model Pembelajaran Numbered Heads
Together
vii
ABSTRACT
ARIYANTO RAHMAN, 2012. "Improving Student Results In The Know
Economic Activity Model Using Numbered Heads Together In Class IV SDN
1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru". Primary School Teacher Education
Department, Gorontalo State University.
Problems to be studied in this research is how to improve student learning
of class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru in recognizing the economic
activity in the IPS learning through learning models Numbered Heads Together.
The subject of this study of class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru
Kabupaten Gorontalo amounting to 27 students consisted of 13 men and 14
women.
These results indicate that it has achieved improved student learning
outcomes in identifying economic activity by 88% with an indicator variable to
identify the forms of economic activity in the local environment, can explain the
forms of economic activity in the local environment. Can explain the use of
natural resources for economic activities and can make a list of the activities of
the utilization of local natural resources for economic activities. From the
application of learning models Numbered Heads Together on a cycle I gained an
increase in student learning outcomes by 74.07%, and the cycle II of increasing
student learning outcomes achieved 88.89%.
Thus the set performance indicators namely when at least 81.48% or 22
people from 27 student learning outcomes has been well known in economic
activity in the IPS study. In addition, actions that have formulated the hypothesis
that if the used model of learning Numbered Heads Together the students of
Class IV SDN 1 Tinelo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo in
identifying the economic activity in the IPS learning can be improved, accepted.
Keywords: Student learning results, Numbered Heads Together Learning
Model
Download berkas