Penulis / NIM
ASNA MACHFUL / 151408027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Asna Machful. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Metode Demonstrasi di Kelas 3 SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembibing I Drs. Hi Ahmad Lamusu, M.Pd, dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat menigkatkan hasil belajar siswa terhadap kenampakan permukaan bumi pada pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk memberikan gambaran peningkatan hasil belajar siswa. Pada pelaksanaan tindakan pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 71.06%. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 750%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 76.26% atau terjadi peningkatan sebesar 5,2% dari hasil pelaksanaan siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Permukaan Bumi Melalui Kelas III SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo “terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Demonstrasi
Download berkas