Penulis / NIM
ASRIN ENTENGO / 151408028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Asrin Entengo, 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Metode Quantum Teaching di Kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo, Tahun 2012. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan adalah “Apakah penggunaan metode Quantum Teaching dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo ?” Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian observasi, wawancara dan pembahasan dapat diperoleh hasil pengamatan pada siklus I tentang peningkatan minat belajar siswa kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan kota Gorontalo dalam pembelajaran IPS hanya mencapai 40% (10 siswa) dari jumlah siswa sebanyak 25 orang. Sementara pada siklus II mencapai 93% (23 siswa). Berdasarkan hasil capaiaan tersebut, minat belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui metode Quantum Teaching meningkat sebesar 53%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata kunci : Minat belajar, Quantum Teaching.
Download berkas