SKRIPSI

Penulis / NIM
AULIA A. PONGGA / 151408030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Aulia A. Pongga. 2012. Meningkatan Kemampuan Siswa Tentang Materi Gaya Gerak Benda Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa tentang materi gaya gerak benda melalui metode eksperimen pada Pada Siswa Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan dapat ditingkatkan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi gaya gerak benda melalui metode eksperimen pada siswa Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Tindakan kelas ini dianggap berhasil jika memenuhi indikator kinerja apabila meningkatnya kemampuan siswa memahami materi gaya gerak benda dari 4 siswa atau 23,52% meningkat menjadi 13 siswa atau 75% ke atas kemampuan siswa memahami materi gaya gerak benda, dari jumlah keseluruhan 17 orang siswa kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa melalui penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan siswa tentang materi gaya gerak benda pada siswa Kelas IV SDN Lalong Kecamatan Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui penggunaan metode eksperimen belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata kunci : Kemampuan, Gaya Gerak Benda dan Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011