Penulis / NIM
AJIZ DJAFAR / 151408031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ajiz Jafar : 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Nilai-nilai Karakter Melalui Membaca Cerita Komik Bagi Siswa Kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim,M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Masalah penelitian ini yaitu Apakah peningkatan nilai-nilai karakter siswa dapat dilakukan melalui pembelajaran membaca cerita komik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengungkapkan nilai-nilai karakter siswa melalui membaca cerita komik.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas data dianalisis secara deskriftif melalui tahapan mengklasifikasi data, menganalisis, menginpertasi, menyajikan data, dan menganalisis dan menyimpulkan. Hasil penelitian pada observasi awal aspek moral dari jumlah siswa 25 orang memperoleh hasil 13,2%, aspek kesadaran 8,4%, aspek ekspresi(interaktif) 9,6%, sehingga rata-rata keseluruhan aspek hanya mendapatkan hasil 48,3%.
Selanjutnya untuk hasil siklus I aspek moral memperoleh nilai 26,4%, aspek kesadaran memperoleh skor 26,4% dan pada aspek ekspresi(interaktif) hanya 20,4%, Jadi rata-rata nilai siswa memperoleh hasil 79,7%. Sementara hasil pada siklus II pada aspek moral yaitu 26,4%, aspek kesadaran 28,8%, dan pada aspek ekspresi(interaktif) yaitu rata-rata keseluruhan aspek 87,3%. Kesimpulan penelitian ini terbukti bahwa peningkatkan kemampuan siswa mengungkapkan nilai-nilai karakter dapat dilakukan melalui membaca cerita komik.
Kata Kunci : Nilai-nilai karakter, cerita komik.
Download berkas