SKRIPSI

Penulis / NIM
BAYUK MAKALALAG / 151408032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK Bayuk Makalalag. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan S-1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Pembimbing II: Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah kemampuan siswa menulis puisi melalui model Snowball Throwing di kelas V SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo melalui model Snowball Throwing. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pelaksanaan penelitian pada bulan April sampai dengan Mei 2012. Pada observasi yang dilakukan pada 22 siswa, diketahui hanya 8 orang siswa (36%) yang memiliki kemampuan menuis puisi. Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran siklus I, siswa yang memiliki kemampuan menulis puisi meningkat dari hasil observasi menjadi 12 orang (55%), sedangkan sisanya 10 orang (45%) masih termasuk dalam kategori belum mampu dalam menulis puisi. Hal ini berarti proses pembelajaran belum mencapai ketuntasan karena prosentasi siswa yang memperoleh ketuntasan hanya sebesar 73,33%. Pada siklus II diketahui bahwa siswa yang telah dinyatakan mampu dalam menulis puisi meningkat menjadi 19 orang (86%), sedangkan 3 orang siswa lainnya (14%) dapat dikategorikan kurang mampu. Dengan melihat persentase jumlah siswa yang mampu dalam menulis puisi yaitu 86% dari jumlah siswa, maka penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%, Kesimpulan yang diperoleh dari peneletian ini dalah kemampuan siswa V SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat sebesar 50% yaitu dari 36% dengan menggunakan metode ceramah menjadi 86% dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika guru menerapkan model pembelajaran snowball throwing, maka kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat, dapat diterima. Kata Kunci : Menulis puisi, model Snowball Throwing,. ABSTRACT Bayuk makalalag. 2012.” Increase student ability writes poetry passes model snowball throwing at class V SDN No. 30 cities south city Gorontalo”. skripsi. direction s-1 pgsd country university education science faculty Gorontalo. my guide1: Dra. Dajani Suleman, M. Hum. guide 2: Dra. Hj. Pertiwi laboro, M.Pd. Trouble shoot that lifted in this watchfulness that is whats student ability writes poetry passes model snowball throwing at class v SDN No. 30 cities south city Gorontalo can be increased. watchfulness aim that is to increase ability writes class student poetry v SDN No. 30 cities south city Gorontalo pass model snowball throwing. this watchfulness method class action watchfulness (PTK) that is carried out in 2 (two) cycles. watchfulness execution in April up to May 2012. In my cycle study activity, student that has ability writes poetry increases from observation result is 12 person (55%), while the rest 10 person (45%) still to belong in categories not yet can in write poetry. matter this means study process not yet achieve ketuntasan because prosentasi student that get ketuntasan only as big as 73,33%. In cycle 2 known that student that declared to can in write poetry increases to be 19 person (86%), while 3 another students (14%) can mengategorikan indigent. with see student total percentage that can in write poetry that is 86% from student total, so this watchfulness has been declared success because fulfil success indicator that appointed previous that is 80%, Student ability v SDN NO. 30 cities south city Gorontalo increase as big as 50% that is from 36% by using lecture method is 86% by using study model snowball throwing. thereby hypothesis in this watchfulness is that is if teacher applies study model snowball throwing, so ability writes class student poetry v SDN No. 30 cities south city Gorontalo will increase, acceptable. Keyword: Snowball Throwing, Write Poetry.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011