Penulis / NIM
BAYUK MAKALALAG / 151408032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Bayuk Makalalag. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi
Melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SDN No. 30 Kota Selatan Kota
Gorontalo. Skripsi. Jurusan S-1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Pembimbing II:
Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah kemampuan siswa
menulis puisi melalui model Snowball Throwing di kelas V SDN No. 30 Kota
Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian yaitu untuk
meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN No. 30 Kota Selatan
Kota Gorontalo melalui model Snowball Throwing. Metode penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.
Pelaksanaan penelitian pada bulan April sampai dengan Mei 2012.
Pada observasi yang dilakukan pada 22 siswa, diketahui hanya 8 orang siswa
(36%) yang memiliki kemampuan menuis puisi. Setelah dilaksanakan kegiatan
pembelajaran siklus I, siswa yang memiliki kemampuan menulis puisi meningkat
dari hasil observasi menjadi 12 orang (55%), sedangkan sisanya 10 orang (45%)
masih termasuk dalam kategori belum mampu dalam menulis puisi. Hal ini berarti
proses pembelajaran belum mencapai ketuntasan karena prosentasi siswa yang
memperoleh ketuntasan hanya sebesar 73,33%.
Pada siklus II diketahui bahwa siswa yang telah dinyatakan mampu dalam
menulis puisi meningkat menjadi 19 orang (86%), sedangkan 3 orang siswa
lainnya (14%) dapat dikategorikan kurang mampu. Dengan melihat persentase
jumlah siswa yang mampu dalam menulis puisi yaitu 86% dari jumlah siswa,
maka penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah memenuhi indikator
keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu 80%,
Kesimpulan yang diperoleh dari peneletian ini dalah kemampuan siswa V SDN
No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat sebesar 50% yaitu dari 36%
dengan menggunakan metode ceramah menjadi 86% dengan menggunakan model
pembelajaran Snowball Throwing. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian
ini yaitu jika guru menerapkan model pembelajaran snowball throwing, maka
kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN No. 30 Kota Selatan Kota
Gorontalo akan meningkat, dapat diterima.
Kata Kunci : Menulis puisi, model Snowball Throwing,.
ABSTRACT
Bayuk makalalag. 2012.” Increase student ability writes poetry passes
model snowball throwing at class V SDN No. 30 cities south city Gorontalo”.
skripsi. direction s-1 pgsd country university education science faculty Gorontalo.
my guide1: Dra. Dajani Suleman, M. Hum. guide 2: Dra. Hj. Pertiwi laboro,
M.Pd.
Trouble shoot that lifted in this watchfulness that is whats student ability writes
poetry passes model snowball throwing at class v SDN No. 30 cities south city
Gorontalo can be increased. watchfulness aim that is to increase ability writes
class student poetry v SDN No. 30 cities south city Gorontalo pass model
snowball throwing. this watchfulness method class action watchfulness (PTK) that
is carried out in 2 (two) cycles. watchfulness execution in April up to May 2012.
In my cycle study activity, student that has ability writes poetry increases from
observation result is 12 person (55%), while the rest 10 person (45%) still to
belong in categories not yet can in write poetry. matter this means study process
not yet achieve ketuntasan because prosentasi student that get ketuntasan only as
big as 73,33%.
In cycle 2 known that student that declared to can in write poetry increases to be
19 person (86%), while 3 another students (14%) can mengategorikan indigent.
with see student total percentage that can in write poetry that is 86% from student
total, so this watchfulness has been declared success because fulfil success
indicator that appointed previous that is 80%,
Student ability v SDN NO. 30 cities south city Gorontalo increase as big as 50%
that is from 36% by using lecture method is 86% by using study model snowball
throwing. thereby hypothesis in this watchfulness is that is if teacher applies study
model snowball throwing, so ability writes class student poetry v SDN No. 30
cities south city Gorontalo will increase, acceptable.
Keyword: Snowball Throwing, Write Poetry.
Download berkas