SKRIPSI

Penulis / NIM
DEIS MOHU / 151408036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
vii ABSTRAK Deis, Mohu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Di Kelas IV SDN 1 Paris Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd. Hasil belajar siswa pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV SDN 1 Paris Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo kurang memuaskan karena tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Hal tersebut disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran IPA merupakan metode pembelajaran konvensional, yang menyebabkan pembelajaran kebanyakan berpusat pada guru dan siswa cenderung lebih pasif. Untuk itu perlu diadakan penelitian mengenai peningkatan hasil belajar dengan pendekatan lingkungan pada materi hubungan sumber daya dengan lingkungan. Hal ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran IPA melalui pendekatan lingkungan dan apakah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN 1 Paris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan lingkungan pada materi hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV SDN 1 Paris Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Paris. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi lapangan selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan menggunakan pendekatan lingkungan di kelas IV SDN 1 Paris adalah dengan mengelompokkan siswa menjadi 6 kelompok, memberi mereka permasalahan untuk dicari jawabannya bersama teman kelompok, Setelah itu mereka diminta untuk mempresentasikan hasil jawaban mereka di sekitar lingkungan sekolah dan dievaluasi. Dan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang diperoleh siswa sebelum menggunakan pendekatan lingkungan hanya sejumlah 12 orang atau ketuntasan sebesar 37.5%, pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 22 orang atau ketuntasan sebesar 68.75% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 30 orang atau ketuntasan sebesar 93.75%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka viii dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan dengan menggunakan pendekatan lingkungan dan siswa terlihat aktif. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Lingkungan. ix ABSTRACT Deis, Mohu. 2012. Improving Result Learn Student Through Approach Of Environment At Items Relation/Link Among/Between Natural Resources With Environment In Class of IV SDN 1 Paris District Of Mootilango Sub-Province of Gorontalo. Skripsi, Majors Education Of Elementary Schoolteacher, Faculty Science Education, University Country of Gorontalo. Counsellor Of I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd. M.Pd and counsellor of II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd. Result learn student at natural resources relation/link items with environment in class of IV SDN 1 Paris District Of Mootilango Sub-Province of Gorontalo less gratifying because do not fulfill Complete Criterion of Minimum (KKM) which have been specified by school. The mentioned because of study method applied by subject teacher of IPA represent conventional study method, which cause study most centre on learn and student tend to more passive. For that require to be performed a by research regarding/ hit the make-up of result learn with approach of environment at resource relation/link items with environment. This matter to know how process study of IPA pass/through approach of environment and do study by using approach of environment can improve result learn class of IV SDN 1 Paris. Intention of this research is to improve result learn student pass/through applying of approach of environment at relation/link items among/between natural resources with environment in class of IV SDN 1 Paris District Of Mootilango Sub-Province of Gorontalo. Research the used is research of done/conducted class action in class of IV SDN 1 Paris. Source of data in this research is entire/all class student of IV. Data of this research in the form of field observation during study process take place, result of activity observation learn and student, result of student evaluation and also documentation. Pursuant to result of research, process study of natural resources relation/link items with enfironment use to use approach of environment in class of IV SDN 1 Paris is by grouping student become 6 group, giving problems them to be searched by its answer with group friend, Afterwards they is asked to present result of their answer around environment go to school and evaluated. And study by using approach of environment can improve result learn student, this matter is shown completely which is obtained by student before using approach of environment only a number of 12 people or complete equal to 37.5%, at cycle of I mount to become a number of 22 people or complete equal to 68.75% and at cycle of II mount again become 30 people or complete equal to 93.75%. With existence of the improvement hence earning is x told that happened the make-up of at result learn student with using approach of environment. Conclusion of this research is, existence of the make-up of result learn student at natural resources relation/link items with environment by using approach of student and environment seen is active. Keyword: Result Learn, Approach of Environment
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011