SKRIPSI

Penulis / NIM
DENSI H. HURADJU / 151408038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK DENSI H. HURADJU. NIM 151408038. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Melalui Metode Discoveri Di Kelas IV SDN 2 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Abdul. Haris PanaI, S. Pd, M.Pd, Pembimbing II : Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan metode Discoveri hasil belajar siswa tentang materi energi di Kelas IV SDN 2 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo, dapat ditingkatkan?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi energi melalui metode Discoveri di kelas IV SDN 2 Tabongo Timur Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode discovery. Peningkatan hasil belajar ini ditandai dengan kemampuan siswa dalam menjelaskan, Memberikan contoh bentuk penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari, memahami pentingnya memelihara dan menghemat energi, serta mampu melakukan aktivitas yang sifatnya menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lima indikator yang telah ditetapkan dalam kegiatan pembelajaran, terlihat mengalami peningkatan yakni pada observasi awal, siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar rata-rata 56.67% pada siklus pertama sebesar 74.53%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 83.53%. Metode Discoveri dapat dijadikan alternatif bagi guru IPA untuk lebih mengaktifkan siswa, dan untuk mengungkapkan segala potensi yang dimiliki oleh siswa melalui kegiatan mengemukakan pertanyaan dan mengeksplorasi pertanyaan dari guru atau dari sesama siswa. Hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “Jika dalam pembelajaran IPA khususnya tentang materi energi digunakan metode discovery, maka hasil belajar siswa akan meningkat dan dapat diterima.”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tentang materi energi dapat ditingkatkan melalui metode discovery. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Metode discovery. ABSTRACT
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011