Penulis / NIM
DEWINTA MOKOAGOW / 151408042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Dewinta Mokoagow Nim 151408042. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengurang Dua Bilangan Cacah Menggunakan Metode Jarimatika Dili Pada Siswa Kelas I SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd. Pembimbing II, Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah dengan menggunakan metode jarimatika dili dapat meningkatkan kemampuan mengurang dua bilangan cacah pada siswa kelas I SD Laboaratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Selatan Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurang dua bilangan cacah menggunakan metode jarimatika dili pasa siswa kelas I SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus 1 menunjukkan bahwa dalam mengurang dua bilangan cacah terdapat 12 orang atau 42,85 % yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 24 orang siswa atau 85,71 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika dili kemampuan siswa dalam mengurang dua bilangan meningkat.
`
Kata Kunci: Kemampuan, Mengurang, Bilangan Cacah, Metode Jarimatika Dili
Download berkas