Penulis / NIM
DISTY RISTY HASAN / 151408045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Disty Risty Hasan. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Pecahan Biasa Berpenyebut Tidak Sama Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama pada siswa kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas V SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 12 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan bahwa dalam menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama hanya 15 orang atau 71,43% yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 19 orang siswa atau 90,48 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkatkan kemampuan siswa menjumlahkan pecahan biasa berpenyebut tidak sama dalam pembelajaran Matematika.
Kata Kunci: Kemampuan, Menjumlahkan, Pecahan Biasa, Berpenyebut Tidak Sama, Model, Pembelajaran, Kooperatif Tipe Make a Match.
Download berkas