Penulis / NIM
DWI LIYANA MOHAMAD / 151408046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
Dwi Liyana Mohamad, 2012.“Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Lupoyo Kabubaten Gorontalo”. Skripsi Program Strata 1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Permainan Kartu Kata Pada Siswa Kelas 1 SDN 2 Lupoyo Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan dengan menggunakan permainan kartu kata pada siswa kelas 1.
Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 2 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 30 yang terdiri dari 18 orang laki-laki 12 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam membaca permulaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan permainan kartu kata, pada observasi awal hanya sebanyak 10 siswa atau sebesar 33.33 % atau dari 30 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan. Pada siklus 1 hal ini mengalami peningkatan menjadi 18 siswa (60%). Pada siklus II Jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 86.66% atau 26 siswa dari 30 siswa yang ada di SDN 2 Lupoyo Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jika digunakan permainan kartu kata maka kemampuan siswa membaca permulaan dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Kartu Kata.
Download berkas