Penulis / NIM
EFLIN PAKAYA / 151408047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Eflin Pakaya, 2012,“ Meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam materi
jenis jenis usaha dengan menggunakan model Mind Mapping pada Pelajaran IPS
di kelas IV sdn 2 Biyonga Kec Limboto Kab Gorontalo. ”Skripsi Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Ha. Hakop Walangadi, Msi. dan
Pembimbing II. Drs. Hi. Haris Mahmud. SPd. MPd
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman belajar siswa
pada mata pelajaran IPS dan dengan adanya kenyataan bahwa pemahaman belajar
IPS di Kelas IV kurang menekankan pada model pembelajaran Mind Mapping
yang mengaktifkan siswa untuk belajar sehingga dirumuskan masalah Apakah
dengan menggunakan model mind mapping pada mata pelajaran IPS materi jenis
jenis usaha dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa di kelas IV SDN 2
Biyonga Kecamatan Limboto kabupaten Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar
siswa pada materi jenis jenis usaha denga menggunakan model mind mapping
pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 2 Biyonga Kecamatan Limboto
Kabupaten Gorontalo.
Model Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini
yaitu model pembelajaran mind mapping dan dilaksanakan dalam dua siklus.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum
menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian Aktivitas belajar siswa
pada Siklus I menunjukan bahwa dari 24 orang siswa yang dikenakan tindakan
hanya 8 orang siswa atau 40% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada
pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas
berjumlah 22 orang siswa atau 95 % yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan
bahwa bahwa jika dengan menggunakan model pembelajaran Mind mapping
dalam pembelajaran maka pemaman belajar siswa pada mata pelajaran IPS di
kelas IV SDN 2 Biyonga kecamatan limboto akan meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman belajar siswa, model Mind mapping
Download berkas