Penulis / NIM
EKA WULANSARI LAUMA / 151408048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Eka Wulansari Lauma. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cara Memelihara Dan Melestarikan Alam Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Pada Siswa kelas III SDN 1 INSIL Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cara Memelihara Dan Melestarikan Alam Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Pada Siswa kelas III SDN 1 INSIL Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow.dapat meningkat. Penilitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cara Memelihara Dan Melestarikan Alam Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Pada Siswa kelas III SDN 1 INSIL Kecamatan Passi Timur Kabupaten. Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Langkah dalam penilitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa, dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 7 orang atau 36,85 % Tuntas . Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 89,47% Tuntas . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cara Memelihara Dan Melestarikan Alam Melalui Metode Pembelajaran Out Door Study Pada Siswa kelas III SDN 1 INSIL Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Cara Memelihara dan Melestarikan Alam, Pembelajaran Out Door Study.
Download berkas