Penulis / NIM
ELISMEISISKAWATI DANIAL POIYO / 151408051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
A B S T R A K
ELIS MEISISKAWATI POIYO, NIM. 151 408 051. “Meningkatkan kemampuan
siswa membaca Intensif di kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme
Kabupaten Gorontalo melalui Model Cooperative Script”. SKRIPSI, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II
Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Meningkatkan
Kemampuan Siswa Membaca Intensif Dengan Menggunakan Model Cooperative
Script Pada siswa Kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten
Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa
membaca intensif dengan menggunakan model cooperative script.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme
Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 16 orang siswa, terdiri dari 6 orang laki -
laki, dan 10 orang perempuan, dan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus
terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan kemampuan siswa
membaca intensif melalui model Cooperative Script pada pelaksanaan observasi
awal 31,25% atau sebanyak 5 siswa dari 16 siswa memiliki kemampuan membaca
intensif, siklus I menjadi 68,7% atau sebanyak 11 siswa dan siklus II meningkat
menjadi 87,5% atau 14 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Jika
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru menggunakan model cooperative
script maka membaca Intensif di kelas 1V SDN 2 Upomela Kecamatan
Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan”
Kata Kunci : Membaca, Intensif, Model, Cooperative Script.
ABSTRACT
ELIS MEISISKAWATI POIYO, NIM. 151 408 051. " Improving ability of student
read Intensive in class of IV SDN 2 Upomela District Of Bongomeme Gorontalo
Regency. Model of Cooperative Script". SKRIPSI, Majors Education Of
Elementary Schoolteacher, Faculty Science Education, University Country of
Gorontalo. Counsellor Of I Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd and Counsellor Of
II Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd.
Problems which in study in this research " How To Improve Ability Of Student
Read Intensive By Using Model of Cooperative Script Class student of IV SDN 2
Upomela District Of Bongomeme Gorontalo Regency?. Target of research is to
improve ability of student read intensive by using model of cooperative script.
Method which used in this research type research of class action ( executed
PTK) in class of IV SDN 2 Upomela District Of Bongomeme Province of
Gorontalo with amount 16 student people, consist of 6 man people - man, and 10
women, and executed in 2 cycle, each;every cycle consist of twice meeting.
Result of research of that to increase ability of student read intensive model of
Cooperative Script execution of observation early 31,25% or counted 5 student
from 16 student have ability read intensively, cycle of I become 68,7% or counted
11 cycle and student of II mount to become 87,5% or 14 student. Thereby can be
concluded that if in study of Indonesian teacher use model of cooperative script
hence reading Intensive class 1V SDN 2 Upomela District Of Bongomeme
Gorontalo Regency can be improved.
Keyword : Reading Is Intensive, Model, Cooperative Script
Download berkas