SKRIPSI

Penulis / NIM
ELYS S. TOMA / 151408052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK Elys S. Toma. 2012. “ Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menulis Karangan Siswa Kelas IV di SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo”. Skripsi. Program Studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dalam menulis karangan siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pendekatan kontekstual dalam menulis karangan di kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menulis karangan dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual. Dari pengamatan pembelajaran yang dilakukan guru terlihat 28,57 % yang memperoleh predikat tepat, 38,09 % predikat kurang tepat, dan 33,33 % predikat tidak tepat. Pada pelaksanaan tindakan selanjutnya terjadi peningkatan menjadi 81 % kriteria tepat 9,25 % kriteria kurang tepat, dan 9,25 % kriteria tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontestual, maka kemampuan siswa dalam menulis karangan dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Pendekatan kontekstual, Karangan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011