SKRIPSI

Penulis / NIM
ERNI KIYAI / 151408057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Erni Kiyai. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Datar Trapesium Melalui Model Pembelajaran Koopratif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo”. Suatu Penelitian Tindakan Kelas. Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) kemampuan menghitung luas bangun datar trapesium pada siswa kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?”.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung luas bangun datar trapesium dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian tindakan ini menggunakan metode deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan keadaan atau fenomena yang terjadi dengan fokus permasalahan yang menyangkut kemampuan menghitung luas bangun datar trapesium melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mampu menghitung luas bangun datar trapesium adalah sebanyak 11 orang atau 37,9% dari 29 orang siswa sedangkan yang belum mampu menghitung luas bangun datar trapesium sebanyak 18 orang atau 62,7% dari 29 orang siswa. Pad Siklus II Siswa yang mampu menghitung luas bangun datar trapesium sebanyak 25 orang atau 86,20% sedangkan yang belum mampu menghitung luas bangun datar trapesium sebanyak 4 orang atau 13,79% dari 29 orang siswa. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kemampuan menghitung luas bangun datar trapesium pada siswa kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, menghitung, luas trapesium,kooperatif tipe STAD.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011