Penulis / NIM
EVA LINDA ADAM / 151408058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Evalinda Adam. NIM. 151 408 058. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan pembimbing II Nurhayati
Tine, S.Pdi, M.Hi. Penelitian ini bermakasud untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn mater sistem pemerintahan pusat dan mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw. Peneliti menggunakan
metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui penerapan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn mater sistem pemerintahan pusat dan mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaran jigsaw. Pada pelaksanaan siklus I diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65.61%, namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian yakni sebesar
75%. Maka dilanjutkan pada siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata keterampilan berbicara siswa sebesar 83.64% atau terjadi peningkatan sebesar 18,03%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Jika guru menggunakan model pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan Indonesia di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo, maka hasil belajar
siswa akan meningkat” telah teruji dengan benar dan dapat diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas