Penulis / NIM
FATMAH KADIR / 151408062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Fatmah Kadir. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Diksi Yang Tepat Di Kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi , Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Skripsi 1 Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan diksi yang tepat kemampuan siswa dalam menulis puisi akan meningkat?” Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui diksi yang tepat di kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal atau tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi. Data yang terkumpul dinalisis secara kulitatif.
Hasil penelitia terkait dengan adanya upaya meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi melalui diksi yang tepat di kelas IV SDN No.27 Dungingi Kota Gorontalo menunjukkan bahwa, pada siklus I kemampuan siswa menulis puisi melalui diksi yang tepat yakni sebanyak 19 siswa atau 65,51% dari 29 siswa. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau 86,20% yang sudah mampu menulis puisi melalui diksi yang tepat.
Terkait hasil penelitian tersebut, maka disimpulkan bahwa menulis puisi dapat ditingkatkan melalui diksi yang tepat.
Kata kunci : Menulis, Puisi, Diksi
Download berkas