Penulis / NIM
FATRA BILONDATU / 151408065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Fatra Bilondatu. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Argumentasi Melalui Model Stad Pada Siswa Kelas IV SDN N0. 30 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo ”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan argumentasi melalui model stad pada siswa kelas IV SDN N0.30 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo yang berjumlah 25 Orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan keadaan yang terjadi dengan fokus permasalahan yang diteliti menyangkut kemampuan siswa menulis karangan argumentasi melalui model stad pada siswa kelas IV SDN N0. 30 Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang memperoleh nilai di atas 75 sebanyak 18 orang dengan persentase sebesar 70% dari jumlah siswa sebanyak 25 orang sementara yang memperoleh nilai dibawah 75 sebanyak 7 orang atau 44%. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas 75 sebanyak 21 orang dengan persentase sebesar 84% dari jumlah siswa sebanyak 25 orang. Sementara siswa yang memperoleh nilai di bawah 75 sebanyak 4 orang atau 16%. Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model stad dalam menulis karangan argumentasi pada pembelajaran bahasa Indonesia telah menunjukan hasil yang baik sesuai indikator yang diharapkan.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi, Model Stad
Download berkas