Penulis / NIM
PATRA PARAMANI / 151408066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Fatra Paramani. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Metode STAD Di Kelas III SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah dengan model STAD hasil belajar siswa materi jenis-jenis pekerjaan pada pelajaran IPS di kelas III SDN 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi jenis-jenis pekerjaan melalui model STAD.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SDN No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 16 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 12 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 41%. Pada siklus II meningkat menjadi 26 orang siswa 90 % kriteria tuntas atau indikator tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model STAD
Download berkas