Penulis / NIM
FATRAWATI M BOTUTIHE / 151408067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Fatrawati Botutihe, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Pikiran
Pokok Dalam Teks Cerita Pendek Melalui Pendekatan Komunikatif Di SDN 5
Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Progaram Sutdi S1 PGSD,
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, dan
Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa menentukan
pikiran pokok dalam teks cerita pendek melalui pendekatan komunikatif di kelas
IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat?. Tujuan
penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan
pendekatan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan siswa menentukan
pikiran pokok dalam teks cerita pendek di kelas IV SDN 5 Bulango Selatan
Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 26 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif
dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan siswa menentukan pikitan pokok dalam teks cerita
pendek di kelas IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan pembahasan hasil interprestasi dapat
diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan menentukan pikiran
pokok dalam teks cerita pendek siswa kelas IV SDN 5 Bulango Selatan belum
menunjukkan seperti apa yang diharapkan. Sebab dari 26 siswa yang dikenai
tindakan diperoleh hasil pengamatan pada siklus I yakni 38.46% dan siklus II
meningkat menjadi 88.46%. Melihat hasil ini, indikator kerja yang telah
dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apabila 86% dari jumlah siswa dalam
menetukan pikiran pokok dapat dicapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN 5 Bulango
Selatan Kabupaten Bone Bolango dalam hal menentukan pikiran pokok dapat
ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan komunikatif.
Kata Kunci : Pikiran pokok cerita pendek, dan Pendekatan komunikatif.
ABSTRACT
Fatrawati Botutihe, 2012. Increasing Student ability Determines To Collect
Thoughts Subject In Short Story Text Via Communicative Approaching At class
IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Paper, Progaram Sutdi S1
PGSD, Education majors Learns Elementary School, Education Knowledge
faculty, Gorontalo's Country university. Counsellor I Dr. Hj Is Rusmin Husain, S.
Pd, M. Pd , and Counsellor II Hj. Sumarni Mohamad, S. Pd, M. Pd.
About problem in this research is if student ability determine to collect thoughts
subject in short story text via communicative approaching at class IV SDN 5
Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango can increase?. To the effect this
research to get clear picture about communicative approaching implement in
increase student ability determines to collect thoughts subject in short story text at
class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango that total 26 person.
Method that is utilized in this research is kualitatif's approximate methods by use
of kualitatif's descriptive method that aims to describe student ability determines
pikitan subject in short story text at class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten
Bone Bolango.
Base observation result, interview, and interprestasi's result study can get
estimation result on i. cycle about ability determines to collect thoughts subject in
student short story text class IV SDN 5 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango
haven't pointed out as what does be expected. Cause of 26 student that hit by
yielding acquired action observing on i. cycle namely 38. 46% and cycle II.
worked up as 88. 46%. Seeing this result, job indicator already been formulated
deep observational it which is if 86% of student amount in determine subject
think can be reached.
Thus can be concluded that student class IV SDN 5 Bulango Selatan Bone
Bolango in term determine subject think can be increased by use of
communicative approaching.
Key word: Shorts story subject think, and communicative Approaching.
Download berkas