Penulis / NIM
FINA PANDUWINATA TULONG / 151408071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Fina Panduwinata Tulong, 2012. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontao, Tahun 2012. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah Penerapan pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo ?’’. Tujuan penelitian ini untuk Menerapkan pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa Pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dekriptif yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berbicara siswa dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV Sekolah Dasar.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN NO 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam pembelajaran bahasa Inggris hanya mencapai 68 % (22 orang) dari jumlah siswa 31 orang. Sementara pada siklus II mencapai 89% (29 orang) dari jumlah siswa 31 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui multimedia pembelajaran meningkat 21%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN NO 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran.
Kata Kunci : Multimedia, Berbicara
Download berkas