Penulis / NIM
FITRI RUSLI / 151408075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
Fitri Rusli. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Gambar
Seri di Kelas II SDN No 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra.
Hj. Pertiwi Laboro. M.Pd.
Penelitian ini bermaksud mengetahui Apakah Pembelajaran yang dilaksanakan
dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan membaca
nyaring pada siswa kelas II SDN No 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?
Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan membaca
nyaring melalui media gambar seri pada siswa kelas II SDN No 27 Kecamatan
Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif kualitatif penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus
terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian terkait dengan upaya meningkatkan kemampuan membaca nyaring
melalui gambar seri pada anak kelas II di SDN 27 kecamatan Dungingi Kota
Gorontalo menunjukkan bahwa. Hasil observasi awal hanya 9 siswa (50%) dari 18
siswa yang memiliki kemampuan yang baik dalam membaca nyaring. Pada
pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 13 siswa
atau 72.22%. Pada siklus yang ke II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam
membaca nyaring dengan menggunakan gambar seri menjadi 14 siswa atau sebesar
(77.77%) dari 18 siswa yang ada di SDN No 27 Kecamatan Dungingi Kota
Gorontalo.
Terkait hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam
membaca nyaring dapat ditingkatkan melalui media gambar seri.
Kata Kunci : Membaca Nyaring, Gambar Seri
Download berkas