SKRIPSI

Penulis / NIM
HAJIRA USMAN / 151408079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Hajira Usman. NIM. 151 408 079. “Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo”. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo ? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pelaksanaan tindakan yang dicapai pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan, karena siswa yang memperoleh nilai 62 ke atas berjumlah 17 siswa atau 53.12%. sedangkan siswa yang memperoleh 62 ke bawah berjumlah 15 siswa atau 46.88%. untuk itu diadakan lagi tindakan ke siklus II, ternyata pada siklus II siswa yang tuntas mengalami peningkatan yaitu menjadi 28 siswa atau 87.5% dari jumlah siswa 32 orang. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menemukan rumus luas persegi dan persegi panjang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III SDN 6 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Kata Kunci: Kemampuan, Menemukan, Rumus, Persegi, Persegi Panjang, STAD ABSTRACT Hajira Usman. NIM. 151 408 079. "Finding the Formula Area Upgrading Square and Rectangular Type Through STAD Cooperative Learning Model Students In Class III Elementary School District 6 Suwawa Bone Bolango Gorontalo Province". Thesis Program SI PGSD Department of Teacher Education Faculty of Education Elementary School, State University of Gorontalo. Of 2012. Formulation of the problem in this study is Is a model of type STAD cooperative learning can enhance the ability to find the formula square and rectangular area on the third grade students of SDN 6 Suwawa of Bone Bolango Gorontalo province? purpose of this study was to improve the ability to find the formula square and rectangular area on the third grade students of SDN 6 Suwawa of Bone Bolango Gorontalo province through a model of type STAD cooperative learning. The results showed that the results achieved in the implementation of the action cycle I have not showing the expected results, because the students who scored above 62 to total 17 students or 53.12%. whereas students who earn below the amount to 62 to 15 students or 46.88%. It was held again for the action to cycle II, apparently on the students who completed the second cycle is increased to 28 students or 87.5% of the number of students 32. From the results of research conducted it can be concluded that the ability to find the formula square and rectangular area can be improved through a model of type STAD cooperative learning on students' grade III Elementary School District 6 Suwawa Bone Bolango Gorontalo province. Key words: Ability, Finding, Formulas, Square, Rectangle, STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011