Penulis / NIM
HARFIAN DAALIUWA / 151408082
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Harpian Daaliuwa. 2012. Meningkatkan Keterampilan Dalam Berbahasa Lisan
Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 3 Suwawa Selatan
Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi
Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwi T. Pulukadang, S.Pd. M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain
peran dapat meningkatkan ketrampilan dalam berbahasa lisan pada siswa kelas V
SDN 3 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Tujuan utama dalam
penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan siswa dalam berbahasa lisan
melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 3 Suwawa Selatan
Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas V SDN 3
Suwawa Selatan, berjumlah 24 orang subjek penelitian yang terdiri dari 12 siswa
laki-laki dan 12 siswa perempuan sebagai sampel populasi,dengan hasil belajar
pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 58,33% dan pada siklus 2 terjadi
peningkatan sebesar 87,5%.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan
metode bermain peran keterampilan siswa dalam berbahasa lisan menunjukan
keberhasilan sesuai dengan hasil yang diharapkan.
Kata Kunci: Keterampilan, Berbahasa Lisan, dan Metode Bermain Peran.
Download berkas