Penulis / NIM
HASMINI M. MUKARIM / 151408086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Hasmini M. Mukarim. 2012. “Faktor - Faktor Lingkungan Sekolah Yang Mendukung Dan Menghambat Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Di SDN NO.64 Kota Timur Kota Gorontalo”. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri gorontalo. Pembimbing I Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Penelitian didasarkan pada rumusan masalah yaitu (1) faktor - faktor lingkungan sekolah apa saja yang mendukung prestasi belajar siswa di SD, (2) faktor - faktor lingkungan sekolah apa saja yang menghambat prestasi belajar siswa di SD, dan (3) bagaimana upaya mengatasi faktor - faktor yang menghambat prestasi belajar siswa di SD. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui faktor - faktor lingkungan sekolah yang mendukung prestasi belajar siswa di SD, (2) untuk mengetahui faktor - faktor lingkungan sekolah yang menghambat peningkatan prestasi belajar siswa di SD, dan (3) untuk mengetahui upaya atau cara mengatasi faktor - faktor yang menjadi penghambat prestasi belajar siswa di SD. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor - faktor lingkungan sekolah yang mendukung seperti guru - guru yang profesional, lingkungan sekolah yang bersih, aman dan nyaman, media pembelajaran dan ruang perpustakaan yang dilengkapi dengan buku - buku pelajaran serta hubungan komunikasi yang baik antara guru dan siswa dan juga siswa dengan siswa. Sedangkan faktor - faktor yang menghambat prestasi belajar siswa, antara lain kurangnya motivasi dari siswa itu sendiri untuk belajar lebih giat, siswa memiliki rasa malas dan kurangnya minat belajar, pengaruh teman sebaya atau teman bermain, belum tersedianya laboratorium dan fasilitas komputer, hubungan kerjasama serta penataan ruang perpustakaan yang belum maksimal.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar.
Download berkas