Penulis / NIM
HASNI OLII / 151408088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
HASNI OLII. NIM. 151 408 088. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 5 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Prof. Dr. Hi. Abd. Haris PanaI,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Permaslahan yang ada di SDN 5 Buylango Utara Kabupaten Boone Bolango adalah rendahnya hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 5 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan hasil belajar siswa tentang materi energi bunyi dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 5 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango.
Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa hasil belajar siswa melelui penggunaan metode eksperimen, khususnya pada materi energy bunyi pada observasi awal hasil belajar siswa 50% meningkat menjadi 57.1% pada siklus I, 85% pada siklus II siswa yang tuntas.
Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan metode eksperimen dalam meningkatkan hasl belajar siswa pada kelas IV SDN Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan, dapat diterima”, dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Eksperimen
Download berkas