Penulis / NIM
HELMIYANTI YUSUF / 151408091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Helmiyanti Yusuf, 151408091 2012. Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pongongaila Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila, tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan lembar observasi, kuis, dan dokumentasi.
Setelah melakukan penelitian dengan menempuh dua siklus, maka hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan. Pada siklus I ketuntasan sudah mengalami peningkatan meskipun belum mencapai indikator kinerja yang ditentukan. Ketuntasan siklus I adalah 65,22% atau 15 siswa yang sudah tuntas dan 34,78% atau 8 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan sudah melebihi indikator kinerja yaitu 82,61% atau 19 siswa yang tuntas dan hanya 17,39% atau 4 siswa yang belum tuntas.
Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kemampuan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Pongongaila meningkat.
Kata Kunci : Keterampilan, Model, Pembelajaran, Kooperatif, dan STAD.
Download berkas