Penulis / NIM
HENTI MOKODOMPIT / 151408093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Henti Mokodompit. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Masalah-Masalah Sosial Di Lingkungan Masyarakat Melalui Model STAD Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah melalaui model STAD pemahaman siswa materi masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat melalui model STAD di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 17 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 9 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 31,03 %. Pada siklus II meningkat menjadi 26 orang siswa 89,65 % kriteria tuntas atau indikator tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan masyarakat pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model STAD. viii
Download berkas