Penulis / NIM
IDA FITRIYANA / 151408100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ida Fitri Yana, 2012. Pendekatan Komunikatif Dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Pada Siswa Kelas IV SDN 17 Kota Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim M.Pd, pembimbing II Wiwy T. Pulukadang S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan komunikatif terhadap peningkatan kemampuan menyimak pada siswa kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak) melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan pada observasi awal terdapat 14 orang atau 48.27% siswa yang mampu sementara siswa yang tidak mampu sebanyak 15 orang atau 51.72%. Setelah dilaksanakannya penelitian, hasil data menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus I terdapat 22 orang atau 75.86% siswa yang mampu dan 7 orang atau 24.13% siswa yang tidak mampu. pada pelaksanaan siklus II terdapat 26 orang atau 89.65% siswa yang mampu, sementara untuk siswa yang tidak mampu sebanyak 3 orang atau 10.34% siswa. Hal ini berarti terjadi peningkatan terhadap kemampuan menyimak siswa di kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak) pada siswa kelas IV SDN no.17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata kunci: Pendekatan Komunikatif, Kemampuan, Menyimak
Download berkas