Penulis / NIM
IDA YULIANI MOKOAGOW / 151408101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
viii
ABSTRAK
Ida Yuliani Mokoagow. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa
Mengekspresikan Tokoh Drama Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di
Kelas V SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Pembimbing I Ibu Evie Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Wiwy T.
Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni apakah dengan melalui metode role
playing kemampuan siswa mengekspresikan tokoh drama di kelas V SDN No. 17
Kota Barat Kota Gorontalo akan meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kemampuan mengekspresikan tokoh drama melalui metode role
playing siswa kelas V SDN No. 17 kota barat kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V
SDN No. 17 Kota Barat Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 35
orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini berlangsung
dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian
kemampuan siswa mengekspresikan tokoh drama mengalami peningkatan yaitu
dari observasi awal 26%, siklus I menjadi 37%, siklus II meningkat menjadi 80%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing
dapat meningkatkan kemampuan siswa mengekspresikan tokoh drama.
Kata Kunci : Mengekspresikan Tokoh Drama dan Metode Role Playing
Download berkas