Penulis / NIM
IMRAN AHMAD KADIR / 151408105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Imran Ahmad Kadir. 2012. Meningkatkan Keterampilan Membuat Pantun Melalui Media Gambar dengan Model Round Table pada Siswa Kelas IV SDN No. 69 Kota Timur. Skripsi Penelitian Tindakan Kelas sebagai Syarat Mengikuti Ujian Sarjana Pendidikan Di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Patiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN No.69 Kota Selatan Kota Gorontalo, dengan Rumusan Masalah “Apakah keterampilan membuat pantun melalui media gambar dengan model round table pada siswa kelas IV SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo dapat meningkat?” dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa membuat pantun melalui media gambar dengan model round Table pada Siswa kelas IV SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dilihat dari keseluruhan aspek diperoleh 10 orang siswa dengan kategori mampu atau 48% sehingga indikator kinerja yakni minimal 76% siswa yang memperoleh kategori mampu belum tercapai. Dengan demikian masih dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II siswa dengan kategori mampu meningkat menjadi 18 orang siswa atau 85%. Hal ini sudah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan maka pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dengan model round table dapat meningkatkan keterampilan membuat pantun pada siswa kelas IV SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pantun, Media Gambar dan Model round Table.
Download berkas