Penulis / NIM
INAWATI LATIMBANG / 151408107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
Inawati. Latimbang. 2012. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam
Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan metode eksperimen Di Kelas IV
SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Tugas akhir program studi S-1 PGSD
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas
Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd,
M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA
pada Observasi awal mencapai 52,9% atau 18 orang siswa yang aktif, Sedangakan
yang belum mampu mencapai 47% atau 16 orang siswa, hal ini masih jauh dari
harapan sekolah sehingga perlu ditingkatkan dengan melaksanakan tindakan yakni
siklus 1 terdapat Ada 12 orang atau 35,2% yang belum tuntas hasil belajarnya dan
dalam hal ini masih perlu diberi tindakan selanjutnya, dan ada 22 orang atau
64,7% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Pada siklus II, ada 2 orang atau 5,8%
yang belum tuntas hasil belajarnya, dan 32 orang atau 94.11% yang sudah tuntas
hasil belajarnya. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan
metode eksperimen meningkat setelah diadakan tindakan dari siklus 1 sampai
dengan siklus II. Maka keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan
menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan yang bermakna dan
dinyatakan berhasil, mencapai indikator kerja.
Kata kunci : Keaktifan, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen.
Download berkas