SKRIPSI

Penulis / NIM
INAWATI LATIMBANG / 151408107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
Inawati. Latimbang. 2012. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan metode eksperimen Di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Tugas akhir program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada Observasi awal mencapai 52,9% atau 18 orang siswa yang aktif, Sedangakan yang belum mampu mencapai 47% atau 16 orang siswa, hal ini masih jauh dari harapan sekolah sehingga perlu ditingkatkan dengan melaksanakan tindakan yakni siklus 1 terdapat Ada 12 orang atau 35,2% yang belum tuntas hasil belajarnya dan dalam hal ini masih perlu diberi tindakan selanjutnya, dan ada 22 orang atau 64,7% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Pada siklus II, ada 2 orang atau 5,8% yang belum tuntas hasil belajarnya, dan 32 orang atau 94.11% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen meningkat setelah diadakan tindakan dari siklus 1 sampai dengan siklus II. Maka keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan yang bermakna dan dinyatakan berhasil, mencapai indikator kerja. Kata kunci : Keaktifan, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011