Penulis / NIM
INDRIATI KILO / 151408109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Indriati Kilo. Nim 151 408 109. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Gaya Magnet Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo”
Permasalahan dalam penelitian ini tentang “Apakah hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dikelas V SDN No 28 Kota Selatan kota Gorontalo dapat meningkat melalui pengunaan metode eksperimen?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet melalui metode eksperimen dikelas V SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dan Masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pelaksanaan yang dicapai siswa pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan, karena 20 siswa yang dikenakan tindakan hanya 11 siswa atau 55% yang memperioleh nilai 65 ke atas sedangkan 9 siswa atau 45% yang memperoleh nilai 65 ke bawah. Tindakan pada siklus II siswa sudah mencapai target karena dari 20 siswa yang di adakan tindakan, 17 siswa atau 85 % memperoleh nilai 65 ke atas sedangkan 3 siswa atau 15% yang memperoleh nilai 65 ke bawah.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Gaya Magnet
Download berkas