Penulis / NIM
IRAWATY HARUN / 151408111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Irawaty Harun. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pelajaran IPS Dalam
Materi Memproklamasikan Kemerdekaan Melalui Model Stad Di Kelas V SDN
1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo” Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo.Pembimbing I Drs.H.haris Mahmud,S.Pd,Msi dan Pembimbing II
Dra.Hj.Hakop Walangadi M.Si.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan model
STAD, hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten
Gorontalo SD pada pelajaran IPS materi memproklamasikan kemerdekaan dapat
meningkat?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada
pelajaran IPS dalam materi Memproklamasikan Kemerdekaan melalui model STAD
di kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa V SDN 1 Dulomo Kecamatan
Tilango Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 14 orang yang terdiri atas 8 orang siswa
laki-laki dan 6 orang siswa perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman siswa dalam memahami materi
Memproklamasikan Kemerdekaan pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 64,18
% kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 71,28 %.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada
Pelajaran IPS dalam materi memproklamasikan kemerdekaan dalam pembelajaran
IPS dapat ditingkatkan menggunakan model STAD.
Kata Kunci: Pemahaman dan Model STAD.
Download berkas