SKRIPSI

Penulis / NIM
IRNAWATI HASAN / 151408114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK Irnawati Hasan. 2012.“Penerapan Model STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Isi Buku Cerita di Kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, dan pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan diterapkannya model STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo?. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita melalui model STAD pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahiu peningkatan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita melalui model STAD pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo.Pada pelaksanaan observasi awal diketahui bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita pada observasi awal sebesar 52.38%, setelah diadakn pelaksanaan tindakan siklus I meningkat sebesar 19.58% menjadi 71.96, %. Namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian yang ditetapkan yakni 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita sebesar 87.83% atau terjadi peningkatan sebesar 15.87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo “terbukti” Kata Kunci: Model STAD dan Meringkas Isi Buku Cerita
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011