Penulis / NIM
IRNAWATI HASAN / 151408114
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Irnawati Hasan. 2012.“Penerapan Model STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Isi Buku Cerita di Kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum, dan pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan diterapkannya model STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo?. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita melalui model STAD pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo.
Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahiu peningkatan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita melalui model STAD pada siswa kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo.Pada pelaksanaan observasi awal diketahui bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita pada observasi awal sebesar 52.38%, setelah diadakn pelaksanaan tindakan siklus I meningkat sebesar 19.58% menjadi 71.96, %. Namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian yang ditetapkan yakni 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita sebesar 87.83% atau terjadi peningkatan sebesar 15.87%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam meringkas isi buku cerita kelas V SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo “terbukti”
Kata Kunci: Model STAD dan Meringkas Isi Buku Cerita
Download berkas