Penulis / NIM
IRVAN MOHAMAD / 151408115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Irvan Mohamad, 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam mempelajari Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Elmia Umar, M.Pd, dan Pembimbing II, Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Jigsaw. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah Apakah motivasi belajar siswa tentang materi tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS Kelas VI di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Jigsaw? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 15 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk dua siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya.
Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut terlihat bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo dalam mempelajari materi tentang tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Jigsaw. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal kemampuan motivasi belajarnya hanya 33 % atau 5 orang siswa, pada siklus I motivasi belajarnya mengalami peningkatan hingga mencapai 60 % atau 9 orang siswa, dan pada tindakan siklus II sebagai akhir dari penelitian ini motivasi belajarnya meningkat menjadi 87 % atau 13 orang siswa. Dengan demikian, model pembelajaran Jigsaw sangat efektif dan menjadi pilihan utama bagi guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo untuk mempelajari materi tentang tokoh-tokoh pergerakan Nasional pada mata pelajaran IPS.
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan model pembelajaran Jigsaw dalam upaya meningkatkankan motivasi belajar siswa. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional, Model Pembelajaran Jigsaw.
Download berkas