Penulis / NIM
ISRAN T. APIA / 151408117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Isran T. Apia. 2012. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perpindahan Energi Panas Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Gorontalo. Dibimbing oleh Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing I dan pembimbing II
Penelitian Ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap yang pelaksanannya hanya dilakukan I siklus 1 kali pertemuan. Materi Perpindahan energi panas dengan mengunakan metode eksperimen. Berdasarkan prosedur tindakan, maka analisis data dalam pengujian hipotesis tindakan dilaksanakan dengan teknik prosentase yang diambil dari akhir siklus. Indikator kinerja yang hendak dicapai yaitu minimal 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 65 keatas dan kegiatan belajar mengajar yang dinilai melalui lembar observasi minimal mencapai 80% kriteria baik sekali dan baik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh nilai 65 keatas 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan energi panas.
Kata Kunci : Pembelajaran Metode Eksperimen
Download berkas